humandealings.blogspot.com adalah blog kesehatan yang membahas tentang berbagai macam penyakit kanker dari mulai gejala, penyebab dan diagnosis.

Kamis, 05 April 2018

Gejala Sarkoma Ewing dan Penyebabnya Yang Harus Diwaspadai

Gejala Sarkoma Ewing dan Penyebabnya Yang Harus Diwaspadai - Kanker sarkoma Ewing merupakan salah satu jenis kanker yang kebanyakan terjadi pada orang berusia antara 10 hingga 20 tahun. Sebenarnya pada orang dewasa juga dapat terkena kanker sarkoma Ewing, namun kejadiannya akan jarang sekali. Pada umumnya kanker sarkoma Ewing terjadi pada orang ras kulit putih (kaukasoid) dan jarang terjadi di ras yang lainnya. Kanker sarkoma Ewing untuk saat ini memiliki tingkat kesembuhan yang tinggi.

Berdasarkan lokasi terjadinya kanker, kanker sarkoma Ewing dapat dibagi kedalam beberapa kategori, diantaranya adalah sebagai berikut. Pertama yaitu kanker tulang Ewing, yang mana sekitar 87 persen kanker sarkoma Ewing bermula muncul di tulang, seperti tulang panggul atau paha. Kanker sarkoma Ewing juga dapat terjadi pada tulang rusuk dan tulang selangka. Kedua yaitu kanker jaringan lunak (extraosseous), yang mana kanker sarkoma Ewing jenis ini terjadi pada jaringan lunak di sekitar tulang seperti otot dan juga tulang rawan. Sarkoma Ewing extraosseous dapat ditemukan pada jaringan lunak di sekitar tangan, kaki, kepala, leher, dan juga perut. Ketiga yaitu Peripheral Primitive Neuroectodermal Tumor (pPNET) yang mana Sarkoma Ewing jenis ini terjadi pada jaringan saraf dan dapat ditemukan di berbagai organ tubuh. Dan terakhir yaitu Tumor Askin yang merupakan tumor jenis pPNET yang terjadi pada bagian dada.

Penyebab dan Faktor Risiko Munculnya Sarkoma Ewing

Sampai saat ini, penyebab sarkoma Ewing pada seseorang belum diketahui dengan pasti. Namun, diperkirakan penyebab utama sarkoma Ewing yaitu diakibatkan oleh mutasi DNA pada jaringan ikat, terutama jaringan tulang, yan terjadi setelah lahir.

Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan, tidak dapat dipastikan bahwa sarkoma Ewing disebabkan karena faktor keturunan. Namun sejauh ini diketahui bahwa sarkoma Ewing tidak terkait dengan paparan radiasi, senyawa kimia, atau faktor lingkungan lainnya yang biasanya berpengaruh. Sarkoma Ewing umumnya terjadi pada tulang yang mengalami pertumbuhan dengan cepat. 

Teori ini terkait dengan pasien kanker yang umumnya merupakan anak-anak atau remaja yang berada dalam masa puber. Diperkirakan bahwa bayi yang mengalami hernia umbilikalis juga memiliki risiko yang sama untuk terkena sarkoma Ewing pada saat tumbuh di usia puber.  Pada orang dewasa, faktor risiko dari sarkoma Ewing dipengaruhi oleh jeleknya gaya hidup, terutama berhubungan dengan berat badan, aktivitas fisik, pola makan yang tidak sehat, dan kebiasaan dalam merokok. Akan tetapi faktor-faktor tersebut pada umumnya terakumulasi hingga bertahun-tahun sebelum dapat meningkatkan risiko sarkoma Ewing secara signifikan.

Gejala Sarkoma Ewing

Jika seseorang yang terkena sarkoma Ewing, khusunya pada anak-anak, gejala yang dapat muncul biasanya adalah sebagai berikut. Penderita akan merasa nyeri, bengkak, dan juga kaku pda daerah munculnya tumor selama berminggu-minggu bahkan selama berbulan-bulan. Pada anak-anak, biasanya gejala ini disalahartikan dengan cedera yang diakibatkan dari aktivitas fisik dan olahraga.

Gejala Sarkoma Ewing dan Penyebabnya Yang Harus Diwaspadai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sarah Veronica

0 komentar:

Posting Komentar