humandealings.blogspot.com adalah blog kesehatan yang membahas tentang berbagai macam penyakit kanker dari mulai gejala, penyebab dan diagnosis.

Jumat, 06 April 2018

Penyebab Kanker Tulang Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Kanker Tulang Yang Harus Diperhatikan - Kanker tulang merupakan salah satu jenis kanker yang beroperasi dengan cara menyerang tulang. Penyakit ini dapat diidap oleh anak-anak hingga dewasa. Kanker tulang ini dapat terbagi menjadi dua, yaitu kanker tulang primer dan kanker tulang sekunder. Dinamakan kanker tulang primer karena kanker tersebut muncul dan berkembang secara langsung di dalam tulang. Sedangkan kanker tulang sekunder yaitu kanker yang berasal dari bagian tubuh lain yang menyebar ke tulang-tulang.

Seluruh tulang di dalam tubuh mempunyai potensi yang sama untuk dapat terserang oleh penyakit ini, namun sebagian besar terjadi pada tulang kaki dan juga tulang lengan. Berikut ini merupakan tanda-tanda yang biasa dirasakan oleh seseorang sebagai gejala awal terjadinya kanker tulang.
Merasakan nyeri. Seseorang yang terkena kanker tulang akan merasakan nyeri pada daerah tulang yang diserang oleh kanker tersebut, dan nyeri akan semakin terasa meningkat ketika bergerak. Nyeri ini biasanya akan dirasakan terus menerus hingga malam hari.

Terjadi pembengkakan. Daerah sekitar tulang yang terkena kanker akan mengalami pembengkakan sehingga nantinya berwarna kemerahan. Jika pembengkakan terjadi pada tulang yang dekat dengan persendian, maka gerakan yang menggunakan persendian tersebut akan menjadi sulit dan terbatas.

Tulang menjadi rapuh. Kanker tulang dapat menyebabkan tulang menjadi lemah dan juga rapuh. Bahkan jika sudah parah, jatuh ringan atau cedera kecil saja dapat membuat tulang tersebut patah. Selain itu, terdapat pula beberapa gejala lain, seperti rasa kebas dan mati rasa saat kanker di tulang belakang menekan pada persarafan, muncul benjolan pada tulang, tubuh terasa sering lelah, penurunan berat badan, demam dengan suhu diatas 38° C, dan berkeringat khususnya  pada malam hari.

Pada orang dewasa, gejala nyeri tulang kadang-kadang disalahartikan sebagai radang pada sendi. Pada anak-anak dan remaja, kadang-kadang disalahartikan sebagai efek samping dari pertumbuhan tulang. Maka yang harus dilakukan adalah sebaiknya temui dokter jika memang terus-menerus merasakan nyeri pada tulang atau nyeri tersebut berangsur jadi memburuk.

Penyebab kanker tulang

Penyebab pasti dari kanker tulang sejauh ini masih belum diketahui, namun kondisi ini diduga disebabkan oleh adanya perubahan atau mutasi pada struktur DNA pengendali pertumbuhan sel sehingga dapat menjadikannya terus tumbuh di luar kendali. Penumpukan sel-sel ini kemudian membentuk tumor yang dapat menyerang struktur tulang di dekatnya atau bahkan menyebar ke bagian tubuh lainnya yang berdekatan dengan letak kanker tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa faktor yang diduga dapat menjadi faktor pemicu meningkatnya risiko seseorang terkena kanker tulang. Pertama yaitu sering menerima paparan radiasi tinggi dari suatu pengobatan yang pernah dialami penderita, contohnya yaitu radioterapi. Pernah juga memiliki riwayat suatu jenis kanker mata yang disebut retinoblastoma ketika kecil. Eseorang yang menderita sindroma Li-Fraumeni, sebuah kondisi genetika yang langka. Menderita penyakit Paget yang merupakan suatu kondisi yang dapat menyebabkan melemahnya tulang. Seseorang yang menderita penyakit hernia umbilitikus sejak lahir.

Penyebab Kanker Tulang Yang Harus Diwaspadai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sarah Veronica

0 komentar:

Posting Komentar