humandealings.blogspot.com adalah blog kesehatan yang membahas tentang berbagai macam penyakit kanker dari mulai gejala, penyebab dan diagnosis.

Kamis, 05 April 2018

Gejala Kanker Tenggorokan Yang Harus Diketahui dan Waspadai

Gejala Kanker Tenggorokan dan Penyebabnya - Kanker tenggorokan merupakan jenis penyakit yang ditandai dengan munculnya tumor ganas yang tumbuh dan berkembang di area sekitar tenggorokan. Tumor tersebut berasal dari sel-sel yang akan menjadi berlipat ganda jumlahnya secara tidak terkendali.

Berdasarkan jenis sel yang berubah menjadi kanker, kanker tenggorokan terbagi menjadi dua jenisi, yaitu karsinoma sel skuamosa atau biasa disebut abnormalitas yang terjadi pada sel selaput dan adenokarsinoma berupa abnormalitas yang terjadi pada sel kelenjar.

Sedangkan berdasarkan area tenggorokan yang diserang, kanker tenggorokan ini dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu kanker faring, laring, dan juga tonsil. Kanker faring ini sendiri dibagi lagi menjadi 3 jenis, yaitu kanker nasofaring  yaitu kanker yang menyerang bagian atas tenggorokan, orofaring merupakan kanker yang menyerang bagian tengah tenggorokan, dan hipofaring yaitu kanker yang menyerang bagian bawah tenggorokan.

Di Negara Indonesia, kanker tenggorokan, khususnya pada kasus kanker nasofaring, menempati urutan ke-4 sebagai penyakit kanker yang paling banyak diderita setelah kanker payudara, kanker leher rahim, dan kanker paru. Berdasarkan data dari GLOBOCAN pada tahun 2012 menunjukkan ada setidaknya 87.000 kasus kanker nasofaring baru yang terjadi setiap tahunnya, di mana 70% penderitanya yaitu laki-laki.

Dengan kondisi yang cukup tingginya angka penderita kanker tenggorokan ini menunjukkan bahwa diperlukan pemahaman serta tindakan pencegahan yang tepat dan benar terkait kasus ini, sehingga angka kejadian kanker di kemudian hari dapat ditekan menjadi lebih kecil lagi.

Gejala Kanker Tenggorokan

Gejala kanker tenggorokan ini pada dasarnya bisa beragam dan tidak sama pada tiap penderita. Beberapa indikasi yang tergolong kedalam gejala kanker diantaranya yaitu sulit ketika akan menelan, terjadi perubahan suara seperti berubah menjadi serak atau cara bicara yang menjadi tidak jelas, mengalami gangguan batuk kronis, merasa sakit pada tenggorokan, telinga yang sering terasa sakit dan juga berdengung, muncul benjolan yang tidak kunjung sembuh, mengalami penurunan berat badan yang signifikan tanpa sebab yang jelas, dan terjadi pembengkakan pada mata, rahang, tenggorokan juga leher,

Gejala kanker tenggorokan ini cenderung mirip dengan masalah kesehatan lainnya, sehingga sulit untuk terdeteksi. Maka hal yang sebaiknya dilakukan adalah senantiasa berkonsultasi dengan dokter agar terdeteksi penyakit kanker ini sedini mungkin.

Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Tenggorokan

Semua jenis kanker dapat terjadi akibat adanya mutasi pada sel-sel. Mutasi inilah yang memicu pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Demikian pula pada kanker tenggorokan. Penyebab di balik proses mutasi tersebut belum diketahui secara pasti hingga saat ini. Tetapi terdapat sejumlah faktor yang diduga dapat menjadi faktor yang memicu dalam meningkatkan risiko seseorang untuk terkena kanker tenggorokan, misalnya pola hidup dan kondisi kesehatan. Faktor tersebut diantaranya yaitu penggunaan tembakau baik dalam bentuk rokok maupun yang dikunyah, serta sering mengonsumsi minuman keras yang berlebihan. Juga kondisi kesehatan gigi yang tidak terjaga juga dapat menjadi salah satu faktor yang memicu kanker tenggorokan ini.

Gejala Kanker Tenggorokan Yang Harus Diketahui dan Waspadai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sarah Veronica

0 komentar:

Posting Komentar