humandealings.blogspot.com adalah blog kesehatan yang membahas tentang berbagai macam penyakit kanker dari mulai gejala, penyebab dan diagnosis.

Jumat, 06 April 2018

Gejala Kanker Tiroid Yang Harus Diketahui dan Waspadai

Gejala Kanker Tiroid Yang Harus Diwaspadai - Kanker tiroid merupakan salah satu jenis kanker yang ditandai dengan pertumbuhan sel abnormal yang terjadi di dalam kelenjar tiroid. Tiroid yaitu kelenjar yang berbentuk seperti kupu-kupu yang terletak pada bagian depan leher. Kelenjar ini mengeluarkan hormon-hormon yang mengatur metabolisme, pertumbuhan, suhu tubuh, denyut pada jantung, tekanan darah, berat badan, dan mengatur system dalam tubuh lainnya. Secara umum, kanker tiroid ini terbagi ke dalam beberapa jenis, diantaranya yaitu sebagai berikut :
  • Pertama yaitu Karsinoma papiler, yang mana kanker ini merupakan jenis kanker tiroid yang paling umum terjadi, dengan kisaran sekitar 60 persen dari keseluruhan kasus kanker tiroid, dan biasanya memengaruhi wanita pada usia di bawah 40 tahun.
  • Kedua yaitu sarsinoma folikuler yang mana sekitar 15 persen dari kasus kanker tiroid termasuk ke dalam kategori kanker ini. Karsinoma folikuler cenderung terjadi pada orang-orang yang sudah lanjut usia.
  • Ketiga yaitu karsinoma medular tiroid. Jenis kanker ini terjadi pada sekitar 5 hingga 8 persen dari seluruh kasus kanker tiroid. Yang membedakan dari jenis lainnya adalah karsinoma medular tiroid umumnya dipengaruhi oleh faktor keturunan.
  • Keempat yaitu Karsinoma tiroid anaplastik. Kanker ini merupakan jenis kanker tiroid yang paling jarang, namun paling agresif. Kondisi ini hanya terjadi pada 5 persen dari keseluruhan kasus kanker tiroid dan umumnya terjadi pada seseorang dengan  usia 60 tahun ke atas.

Gejala Kanker Tiroid

Pada tahapan awal, kanker tiroid jarang sekali menimbulkan gejala, bahkan cenderung tidak ada gejalanya sama sekali. Namun, jika sudah memasuki tahap lanjutan, kanker tiroid seringkali ditandai dengan munculnya benjolan atau pembengkakan pada bagian depan leher, lebih tepatnya di bawah jakun, dan biasanya benjolan tersebut tidak terasa sakit.

Terdapat beberapa gejala lain yang muncul setelah kanker memasuki stadium lanjutan, di antaranya yaitu sering merasa sakit pada tenggorokan, mengalami kesulitan ketika akan menelan, suara menjadi serak dan bahkan tidak kunjung membaik dalam beberapa minggu, merasakan rasa sakit pada leher, terjadi pembengkakan kelenjar getah bening yang berada pada bagian leher.

Namun perlu diketahui juga bahwa tidak semua benjolan yang muncul pada kelenjar tiroid disebabkan oleh adanya kanker tiroid. Sebagian besar pembengkakan kelenjar tiroid disebabkan oleh kondisi yang dikenal dengan istilah penyakit gondok. Kondisi ini disebabkan oleh hipertiroidisme  yaitu terlalu banyak hormon T3 dan T4 atau hipotiroidisme  yaitu kekurangan hormon T3 dan T4.

Faktor Risiko Kanker Tiroid

Penyebab pasti yang merupakan faktor yang menajdi penyebab seseorang menderita penyakit kanker yaitu seseorang yang mengalami gangguan tiroid. Orang yang pernah mengalami penyakit tiroid jinak, seperti peradangan pada kelenjar tiroid atau penyakit gondok, serta memiliki risiko kanker tiroid yang lebih besar jika dibanding mereka yang belum pernah mengalaminya.

Riwayat kesehatan keluarga juga dapat menjadi faktor risiko yang menyebabkan kanker tiroid. Kelainan genetik yang diturunkan ini menjadi penyebab dari beberapa kasus karsinoma tiroid menduler. Risiko kanker tiroid meningkat apabila seseorang memiliki keluarga yang pernah menderita kanker ini.

Gejala Kanker Tiroid Yang Harus Diketahui dan Waspadai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sarah Veronica

0 komentar:

Posting Komentar