humandealings.blogspot.com adalah blog kesehatan yang membahas tentang berbagai macam penyakit kanker dari mulai gejala, penyebab dan diagnosis.

Kamis, 05 April 2018

Gejala Kanker Testis Waspadalah Para Pria Jangan Diremehkan

Gejala Kanker Testis Yang Harus Diperhatikan - Kanker testis merupakan salah satu jenis kanker yang kemunculannya ditandai dengan kondisi yang terjadi ketika sel-sel pada testis tumbuh secara tidak terkendali. Kanker testis ini termasuk ke dalam jenis kanker yang cukup langka. Kondisi ini paling sering terjadi pada pria dengan rentan usia 15 hingga 49 tahun.

Testis merupakan organ seks pria yang berbentuk oval yang terletak di dalam skrotum atau kantong kemaluan. Testis memiliki peran yang penting dalam sistem reproduksi pria, yaitu menghasilkan hormon testosteron dan sperma. Kedua hormon ini memiliki peran yang vital dalam perkembangan dan fungsi seksual seorang pria. Berdasarkan dari jenis selnya, kanker testis terbagi ke dalam beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut :
Pertama yaitu kanker testis sel nutfah atau germ cell, yang merupakan jenis kanker testis paling umum terjadi. Sekitar 95 persen dari semua kasus kanker testis termasuk ke dalam kategori kanker ini. Sel nutfah yaitu jenis sel yang digunakan tubuh untuk membentuk sperma. Kanker testis jenis ini dibagi ke dalam dua jenis, yaitu seminoma dan nonseminoma. Kanker jenis seminoma tumbuh lebih lambat dibandingkan dengan kanker jenis nonseminoma.

Kedua ada kanker limfoma yang mana sekitar 4 persen kasus kanker testis yang terdata masuk ke dalam jenis kanker ini. Ketiga yaitu jenis Tumor sel Leydig yang mana tingkat terjadinya yaitu sekitar 1 hingga 3 persen kasus kanker testis yang terdata masuk ke dalam jenis ini.
Terakhir yaitu Tumor sel Sertoli yang merupakan jenis kanker testis yang paling jarang terjadi, yaitu hanya 1 persen saja kemungkinan untuk terjadinya.

Gejala Kanker Testis

Kemunculan kanker testis ini dapat diketahui dengan memerhatika gejala-gejala yang berkaitan dengan kanker testis, diantaranya yaitu terjadi benjolan atau pembengkakan yang terletak pada salah satu testis, ini merupakan gejala yang paling umu terjadi dan biasanya benjolan ini kerap disertai dengan rasa nyeri. Kemudian gejala lainnya yaitu rasa sakit yang tajam dan rasa pegal pada bagian testis dan skrotum. Sehingga skrotum juga terasa menjadi berat. Rasa ini bisa saja datang dan pergi. Kemudian terjadi penimbunan cairan di dalam skrotum dan pasien akan merasa mudah lelah ketika sel kanker tumbuh di dalam area testis.

Meski kebanyakan kasus benjolan dan pembengkakan pada bagian testis belum tentu menjadi pertanda terjadinya kanker, kemunculan gejala tersebut tetap harus diwaspadai. Pada banyak kasus, benjolan pada testis ini dapat terjadi karena pembengkakan pembuluh darah atau varikokel. Jika tidak segera ditangani, maka kanker testis ini dapat menyebar ke berbagai bagian tubuh yang lain. Apabila kondisi ini dapat terjadi maka akan dirasakan gejala-gejala lainnya yang juga ikut muncul.

Gejala Kanker Testis Waspadalah Para Pria Jangan Diremehkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sarah Veronica

0 komentar:

Posting Komentar