humandealings.blogspot.com adalah blog kesehatan yang membahas tentang berbagai macam penyakit kanker dari mulai gejala, penyebab dan diagnosis.

Kamis, 05 April 2018

Mengenal Kanker Serviks Gejala dan Penyebabnya

Mengenal Kanker Serviks Gejala dan Penyebabnya - Kanker serviks merupakan jenis kanker yang muncul pada leher Rahim wanita. Leher rahim ini merupakan organ yang berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Semua wanita dari berbagai usia berisiko untuk menderita kanker serviks. Tapi, penyakit ini cenderung akan memengaruhi wanita yang aktif secara seksual.

Pada tahap awal, kanker serviks biasanya tidak memiliki gejala yang terlihat dan terasa sama sekali. Gejala kanker serviks yang paling umum terjadi adalah pendarahan pada vagina yang terjadi setelah berhubungan seks, di luar masa menstruasi, atau terjadi setelah menopause. Meski terjadi pendarahan, belum berarti seseorang tersebut tergolong kedalam penderita kanker serviks. Untuk memastikan penyebab kondisi tersebut, maka sangat disarankan untuk segera berkonsultasi kepada dokter. Jika dicurigai terdapat kanker serviks, rujukan menemui dokter spesialis akan diberikan.

Penderita Kanker Serviks di Indonesia

Pada tahun 2014, WHO telah menyatakan terdapat lebih dari 92 ribu kasus kematian pada penduduk wanita yang diakibatkan oleh penyakit kanker. Sebesar 10,3 persennya merupakan jumlah kematian yang diakibatkan oleh kanker serviks. Sedangkan untuk jumlah kasus baru kanker serviks berjumlah hampir 21 ribu kasus.

Sejak tahun 2000 hingga tahun 2012, terjadi pergerakan ke arah kondisi yang menunjukan semakin muda usia wanita yang terserang kanker serviks, dengan kisaran usia 21 hingga 22 tahun di tahun 2000 dan mencapai usia di bawah 20 tahun pada tahun 2012. Penelitian dari WHO menyingkapkan kurangnya tindakan skrining penyakit kanker di Indonesia. Khususnya untuk skrining kanker serviks seperti sitologi serviks dan ulasan asam asetat, yang mana secara umum belum tersedia di pusat kesehatan primer pada tahun 2014.

 Ini tentunya ikut berpengaruh pada jumlah kematian akibat kanker serviks di Indonesia yang tergolong tinggi karena sebagian besar disebabkan oleh keterlambatan dalam mendiagnosis. Biasanya, kanker sudah menyebar ke organ lain di dalam tubuh ketika seseorang memeriksakan kondisinya. Inilah penyebab pengobatan yang dilakukan menjadi semakin sulit dan semakin jauh dari kata sembuh.

Human Papillomavirus sebagai Penyebab Utama Kanker Serviks

Hampir pada semua kejadian kanker serviks bermuara dan diawali oleh human papillomavirus atau HPV. HPV merupakan kumpulan jenis virus yang menyebabkan kutil di tangan, kaki, dan juga alat kelamin. Terdapat banyak jenis HPV yang sebagian besar merupakan virus yang tidak berbahaya. Namun terdapat juga beberapa jenis HPV yang mengganggu sel-sel leher rahim untuk dapat berfungsi secara normal dan akhirnya bisa memicu tumbuhnya sel-sel kanker. HPV ini sebenarnya sangat umum ditularkan melalui hubungan seks dan dapat menjadi penyebab munculnya penyakit kanker serviks. Dari banyaknya jenis HPV, terdapat dua jenis virus HPV yang paling berbahaya, yaitu HPV 16 dan HPV 18. Kedua jenis virus inilah yang menjadi penyebab70 persen kasus kanker serviks.

Mengenal Kanker Serviks Gejala dan Penyebabnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sarah Veronica

0 komentar:

Posting Komentar